Apa itu Arkeologi?

Arkeologi ialah kajian tentang hubungan antara perilaku manusia dan kebudayaan materi dalam ruang dan waktu apapun.
Michael B. Schiffer
Arkeolog
Arkeologi ialah kajian tentang bagaimana manusia dari berbagai tempat di masa lalu berperilaku melalui bukti material yang mereka tinggalkan
Don Henson
Arkeolog
Arkeologi ialah ilmu yang berkenaan dengan kegiatan menemukan, mendeskripsi sistematis, dan mengkaji kebudayaan materi dari masa lampau.
David L. Clarke
Arkeolog

Kenapa Belajar Arkeologi?

Arkeologi sangat penting karena banyak orang yang ingin mengetahui dan memahami asal usulnya. Mendalami arkeologi dapat memuaskan kebutuhan dasar manusia yang ingin mengetahui dari mana kita berasal, mengapa kita memiliki kebudayaan seperti sekarang, dan akan seperti apa masa depan kemanusiaan kita.

Para arkeolog mempelajari seluruh aspek kehidupan manusia di masa lalu, yang tependam di bawah tanah maupun di dasar laut, dari makanan hingga kepercayaannya, pakaian dan perhiasan yang mereka kenakan, peralatan dan alat masak yang mereka gunakan, rumah yang mereka tinggali dan cara mereka mengenang nenek moyangnya.

Kenapa di Arkeologi Unhas?

empat alasan utama

Terakreditasi Nasional dan Internasional

Semua program studi di Departemen Arkeologi Unhas telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT); Prodi S1 Arkeologi terakreditasi A, dan Prodi S2 Arkelogi terakreditasi B. Selain itu, Departemen Arkeologi Unhas telah memperoleh predikat "more than adequate" dari ASEAN University Network-Quality Assurance untuk penyelenggaraan Prodi S1 Arkeologi.

Memperoleh keterampilan generik

Anda akan menguasai seperangkat keterampilan umum yang dapat diterapkan pada berbagai bidang, mulai dari berfikir kritis dan analitis, keterampilan praktis lapangan, kemampuan bekerja sama dalam tim, kompetensi teknologi informasi, dan banyak lagi.

Kesempatan untuk menerapkan teori kelas di lapangan

Kuliah di Arkeologi Unhas tidak melulu tentang kampus, buku, dan jurnal. Ada banyak kegiatan lapangan tempat menerapkan langsung pengetahuan dari ruang kuliah.

Belajar arkeologi dan banyak ilmu lainnya

Arkeologi adalah ilmu yang multidisiplin, dalam artian melibatkan banyak disiplin ilmu lain. Arkeologi Unhas menawarkan kesempatan untuk mengambil mata kuliah di program studi lain yang relevan dengan kebutuhan Anda, misalnya: geologi, fisika, kimia, dan antropologi.

Mau Jadi Arkeolog?

Departemen Arkeologi FIB Unhas merupakan pintu gerbang memasuki dunia arkeologi yang penuh petualangan. Departemen yang berdiri sejak tahun 1980 ini mengelola program sarjana arkeologi pertama di Asia Tenggara yang tersertifikasi oleh ASEAN University Network – Quality Assurance. Di bawah naungan universitas terbesar di Indonesia Timur, Anda akan dibimbing oleh dosen-dosen yang keren dalam berproses menjadi lulusan yang memiliki kemampuan akademik dan profesional di bidang Arkeologi.

So, mau jadi arkeolog? Saksikan video profil kami dan baca lebih lanjut TENTANG KAMI.