Mahasiswa Arkeologi Unhas Praktek Arkeologi Bawah Air di Samalona

Bertempat di Pulau Samalona Makassar, sebanyak 22 orang peserta mata kuliah Arkeologi Bawah Air melaksanakan kegiatan praktek berupa pengenalan alat selam dan snorkling. Kegiatan tersebut dilaksanakan Kamis, 23 Maret 2017 didampingi langsung praktisi arkeolog bawah air dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sulawesi Selatan.

Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa peserta mata kuliah Arkeologi Bawah Air diperkenalkan peralatan selam yang bisa dipergunakan dalam kegiatan arkeologi bawah air. Sesi tersebut disampaikan oleh tim arkeolog BPCB Sulawesi Selatan yaitu Adriany, M.Si, Muhammad Tang, S.S, Andi Jusdi, S.S, dan Abdullah, S.S. Selain pengenalan alat selam, mereka melakukan latihan snorkling secara bergantian sebagai salah satu skill mendasar dalam penyelaman. Dalam kegiatan ini, mahasiswa didampingi langsung oleh Penanggung Jawab Mata Kuliah yaitu Ibu Yusriana, M.A yang turut memberikan penjelasan terkait metode dan teknis kegiatan penyelaman Arkeologi Bawah Air. Diharapkan dengan kegiatan ini mahasiswa mendapatkan pengetahuan mengenai penggunaan masing-masing peralatan selam yang dipergunakan dalam kegiatan penelitian arkeologi bawah air.

Departemen Arkeologi FIB Unhas dalam hal ini mengucapkan penghargaan dan terima kasih kepada BPCB Sulawesi Selatan yang telah memfasilitasi kegiatan ini, mulai dari bantuan peralatan selam sampai tenaga teknis Arkeologi Bawah Air.

Kabar Lainnya